Tuesday, July 17, 2012

Budidaya Ikan Gurami Hias Merah Padang



i
Siapa sangka, ikan gurami yang lezat dimakan itu ternyata memiliki potensi bisnis yang menggiurkan. Jika ikan gurami yang biasa kita makan itu harganya berkisar sekitar 60 ribu per kilogramnya, maka ikan gurami yang satu ini harganya bisa mencapai 300 ribu per kilogramnya. Ikan gurami yang tidak biasa ini disebut dengan ikan gurami merah padang, sesuai namanya badannya memang berwarna merah dan karena banyak terdapat di Padang maka namanya ikan gurami merah padang. Ikan gurami merah padang banyak dikoleksi sebagai ikan hias karena warnanya yang indah. Menurut Bapak H. Alakfi dari Padang, seorang peternak ikan gurami merah padang, harga ikan gurami merah padang yang masih kecil (seukuran jari telunjuk) bisa mencapai 20 ribu rupiah per ekornya. Untuk yang berukuran sedang harganya 100 ribu hingga 150 ribu, dan untuk yang berukuran besar bisa mencapai 400 ratus ribu per ekornya.
Perawatan Ikan Gurami Merah Padang
Perawatan ikan gurami merah padang juga tidak jauh berbeda dengan ikan gurami biasa yang sangat mudah dan relatif tahan terhadap penyakit. Untuk urusan makan-pun, ikan gurami merah padang ini bisa digolongkan kedalam kelompok “omnivora” yakni bisa memakan apa saja. Namun pada umumnya ikan gurami merah Padang biasa diberi makan daun talas. Menurut H. Alakfi yang awalnya memelihara ikan gurami merah padang sebagai hobby karena tertarik dengan warna merahnya, sebaiknya ikan gurami merah padang diberi makan kombinasi antara pelet ikan dengan daun talas. Pemberian pelet bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ikan gurami merah padang, namun jika terlalu berlebihan dapat menyebabkan warna merah pada ikan gurami merah padang memudar. Pemberian daun talas sebagai pakan alami bertujuan untuk menjaga warna merah pada ikan gurami merah padang, namun daun talas sebaiknya diberikan setelah dilayukan terlebih dahulu. Disamping daun talas, kolam pemeliharaan ikan gurami merah padang bisa juga diberi tanaman eceng gondok. Tanaman eceng gondok juga merupakan pakan alami ikan gurami merah padang,selain itu eceng gondok juga bermanfaat sebagai pembersih air karena sifat akarnya yang bisa menyerap kotoran dalam air kolam.
Membedakan Ikan Gurami Merah Padang Betina dan Jantan
Untuk membedakan ikan gurami merah padang betina dan jantan tidaklah sulit, karena bisa dibedakan dengan melihat pada tampilan fisiknya. Ikan gurami merah padang jantan memiliki ciri kepala nonong dan mulutnya mancung, sedang untuk ikan gurami merah padang betina memiliki kepala dan mulut yang tidak begitu menonjol atau “nonong”.
Persiapan Kolam Ikan Gurami Merah Padang
Berdasar pengalaman H. Alakfi kolam berukuran 1,5 x 3 m dengan kedalaman air sekitar 70 cm bisa menampung 100 ekor ikan gurami merah padang berukuran kecil. Sebelum diisi ikan, sebaiknya air kolam didiamkan sehari semalam dengan diberikan daun talas dan atau eceng gondok. Hal ini bertujuan untuk membuat air kolam mendekati air habitat alami tempat ikan gurami merah padang hidup, sehingga bisa mempercepat proses adaptasi ikan gurami merah padang pada kolam atau habitat barunya. Sortir atau seleksi bisa dilakukan setelah dua bulan, yakni dengan memindahkan ikan gurami merah padang yang kurang sehat. H. Alakfi sendiri biasa memindahkan separuh dari ikan gurami merah padang ke kolam lain setelah berusia 5 bulan, hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan ikan gurami merah padang. Jika terlalu padat populasi ikannya maka ikan gurami merah padang akan sulit untuk tumbuh dengan baik.
Perhitungan Bisnis Ikan Gurami Merah Padang
Untuk memulai bisnis ikan gurami merah padang, terlebih dahulu harus dipersiapkan kolam pemeliharaan. Untuk kolam ukuran 1,5 x 3 x 1 m diperlukan biaya +- 1 juta hingga 1,5 juta. Untuk modal pembelian bibit cukup dengan +-Rp. 750 ribu untuk membeli 250 bibit ukuran kecil. Untuk biaya pakan pembelian pelet berdasarkan pengalaman H. Alakfi dibutuhkan +- Rp. 320 ribu dari mulai penebaran bibit hingga siap panen (usia 6 bulan). Dengan toleransi tingkat kematian 10% bisa dibayangkan berapa keuntungan yang bisa diraih dengan harga yang bisa mencapai 300 ribu per kilo-nya.

No comments:

Post a Comment